Secara Garis Besar Mengetahui Gejala Kerusakan Pada Laptop


Assalamu'alaikum wr.wb
Disini saya ingin berbagi ilmu sesuai pengalaman saya pribadi di bidang Laptop, apa saja sih gejala gejala kerusakan pada laptop secara garis besar nya, silahkan di pahami, jika tidak paham silahkan berkomentar dengan sopan dan santun, mari kita belajar bersama.

Mari kita bahas dari Kerusakan Laptop : 
  • Mati total
Mati total berarti masalah jalur VALW atau bisa di sebut Voltage Always/Power selalu ada, berapa saja tegangan VALW tersebut berikut tegangan VALW yaitu :
    1. 19V ( berasal dari charger/power supply, setiap laptop/notebook memiliki sumber tegangan berbeda-beda jangan di pukul rata )
    2. 5V
    3. 3V
    Sebagai contoh disini saya akan menggunakan Skematik Notebook Acer D270 Kode Board ZE7, silahkan Download Disini.
Lanjut, pencarian dimulai dari Jack power dimana tegangan pertama kali masuk 19V lakukan pengukuran disana apakah masuk atau tidak, VALW selalunya diawali dengan halaman ic charger.



lihat pada skematik/diagram internal contoh charger ic ISL88731C lihat ada P29 artinya Halaman 29, buka halaman tersebut dan ikuti aliran tegangan dan komponen apa saja yang dilewatinya. Ketahui kontribusi 19V kemana saja dan siapa saja yang membutuhkannya agar circuit bekerja dengan baik.

Salah satu syarat agar motherboard bisa hidup adalah tegangan 3V dan 5 V ini harus hadir/ada. Tegangan ini berasal dari masing masng N chanel Source 19V. Sementara VIN main suplay ic adalah sebagai triger.lihat pada skematik/diagram halaman detail SYSTEM 5V/3V PCU pahami system kerja nya .jika salah satu 5v dan 3v hilang maka motherboard tidak akan hidup.
Pahami titik ukur berlokasi dimana, untuk memastikan motherboard terpenuhi kebutuhan powernya.
Jika kontribusi 19V,3/5VALW sudah hadir ternyata motherboard masih tidak ada tanda tanda kehidupan.Periksa Firmware EC bios (lihat prosedur pengecekan bios) dan komponen yang mendukungnya.

  • No Display
No display berarti tidak ada tampilan,selain masalah LVDS penyebab no display akibat boot strap device/komponen tidak bekerja dengan baik. Boot strap komponen adalah 
      1. Processor ( VCC_CORE ) + ( VCC_GFX ) setiap skematik berbeda-beda namanya, maka dari itu jangan di pukul rata.
      2. Sodim/Memory ( VCCRAM ) ( DDR_VTT )
      3. Banyak masalah pemicu Laptop No Display selain Tegangan di atas hilang, bisa karena Periperal Short, dll.
Kembali kita lihat pada skematik diagram halaman detail masing masing Boot strap device.Pahami masing masing standard power yang mereka butuhkan.
Power untuk Bootstrap device disebut dengan VS yang artinya Power switch (Voltage switch).Power ini baru ada/hadir setelah Power di on kan atau sudah di switch on.

  • Tidak bisa switch
Tidak respon -tidak ada reaksi apapun ketika di tekan tombol power,lihat pada halaman power switch untuk melihat system kerja dan berapa nilai voltage switch yang dibutuhkan.atau lihat kode tombol power Contoh: SW1.kemudian search pada kolom pencarian pada adb reader 10 keatas maka halaman detail tombol power akan terbuka. Pertama sekali pastikan tombol power tidak bermasalah.Konductor signal dari tombol power ke embedded controler (SIO) sampai untuk mengaktifkan VS.Umum nya tegangan power switch adalah 3V.

  • Power Drop 
Power drop umumnya terjadi akibat adanya Power spike atau komponen short di jalur VS.permasalah ini baru diketahui ketika power telah di switch.ketika VS aktif dan bersiap mengkontribusikan masing masing tegangan VS.feed back /arus balik dari komponen yang short di salah satu/atau lebih di jalur VS membuat system fail dan kembali ke VALW mode .Gejala seperti inilah yang disebut dengan power drop.


Note: Jika ada pertanyaan atau kendala silahkan bertanya di komentar, kalau ada waktu luang insyaallah saya bantu, terimakasih.
Secara Garis Besar Mengetahui Gejala Kerusakan Pada Laptop Secara Garis Besar Mengetahui Gejala Kerusakan Pada Laptop Reviewed by Hikigaya Rudi on Juli 27, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.